Lebih Dekat dengan Si Terumbu Karang

20 Sep 2010

p

Selama ini, sering terdengar kabar bahaya hancurnya terumbu karang di lautan akibat pemanasan global dan polusi. Katanya lagi, punahnya terumbu karang sama saja dengan memutus rantai makanan seluruh kehidupan di bumi. Hmm, sebenarnya siapa sih, terumbu karang itu?

Mengenal Terumbu Karang

Terumbu karang adalah struktur hidup dimana terdapat ribuan spesies yang hidup di sana. Makhluk pembentuk terumbu yang terpenting adalah hewan karang. Hewan karang ini, hidup saling menguntungkan dengan alga, anemone, dll. Ia juga memiliki tentakel (tangan-tangan) untuk menangkap plankton sebagai sumber makanan.

Terumbu karang punya banyak fungsi bagi kehidupan mahluk hidup lainnya, termasuk manusia. Beberapa fungsi terumbu karang, yaitu:

  • Melindungi ekosistem pantai dengan cara menahan dan memecah energi gelombang. Sehingga mencegah abrasi dan kerusakan di pantai.
  • Rumah bagi makhluk laut lainnya. Bayak hewan dan tanaman yang senang berkumpul di sini karena terumbu karang adalah sumber makanan.
  • Bisa diolah menjadi sumber obat-obatan karena banyaknya bahan kimia yang terdapat pada terumbu karang.

Dia Terancam Punah
Sayangnya, kondisi terumbu karang, khususnya di Indonesia cukup menyedihkan. Dari laporan Reef at Risk (2002), menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan status terumbu karang yang paling terancam. Bahkan, 50 tahun terakhir ini, jumlahnya tinggal 5,23 persen!

Penyebabnya, apalagi kalau bukan pemanasan global, polusi, dan penangkapan ikan yang buruk. Makanya, kita harus ikut nih, melestarikan terumbu karang yang ada. Salah satunya dengan ikutan menjaga bumi dari pemanasan global. Dan, kalau lagi main-main di laut (snorkeling/diving), jangan menyentuh apalagi menginjak karang yang masih hidup, ya. Supaya kelangsungan hidup kita, bisa tetap terjaga.


TAGS indah laut terumbu karang lautan pemandangan laut cantik ikan karang


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post