Bikin Sendiri Peta Hijaumu!

25 Aug 2010

Gadis Aksi
Dengan membuat peta hijau, kita bisa tahu daerah mana yang mesti kita selamatkan dan daerah mana yang mesti kita pertahankan kelestariannya. Ini dia beberapa langkah untuk membuat peta hijau:
  • Pilih objek dan tema. Pilihlah lokasi atau objek yang akan kita petakan. Mulailah dengan lokasi yang kecil dan paling kita kenal, misalnya, sekolah kita sendiri. Tentukan juga tema untuk peta hijau kita supaya lebih mudah, seperti zona bebas sampah. Peta hijau kita bakal memberi tahu daerah mana yang bersih dan mana yang banyak sampah.
  • Rekrut anggota. Membuat peta hijau jauh lebih mudah kalau kita bekerja dalam kelompok. Jadi, rekrut satu atau dua orang sobatmu yang satu sekolah. Kalau bisa, rekrut juga salah satu guru supaya kita bisa dapat informasi yang lebih lengkap tentang sekolah kita!
  • Survei, survei dan survei. Ini dia bagian yang paling penting! Survei lokasi yang bakal kita petakan sesuai dengan temanya. Lihat juga aspek flora, fauna, budaya, dan sosial. Misalnya, apakah taman belakang sekolah cocok jadi lokasi pembuangan sampah terakhir dan bagaimana pengaruhnya bagi kehidupan tanaman yang ada di sana?
  • Petakan sekarang. Buatlah peta hijau berdasarkan hasil yang kita dapat dari survei. Jika perlu, tambahkan usulan dalam peta itu. Misalnya, dalam peta hijau zona bebas sampah, letakkan pula ikon tong sampah di daerah yang menurut kita butuh tempat pembuangan sampah.

Baca, sebarkan dan lakukan perbaikan. Baca lagi peta hijau kita dan cek apakah sudah cukup jelas, lalu sebarkan! Kita bisa tempelkan peta ini di mading sekolah biar banyak orang yang sadar potensi positif sekolah kita. Selain itu, kita juga berusaha memperbaiki potensi negatif sekolah kita supaya lebih bersih, sejuk dan hijau


TAGS peta hijau aksi go green cinta bumi aksi kita sadar lingkungan


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post