Bekas Jadi Baru

25 Aug 2010


Gadis Aksi

Kata siapa barang bekas tempatnya cuma di tempat sampah? Barang-barang bekas bisa disulap menjadi benda berharga.

Komunitas Lubang Jarum
Pernah ngebayangin nggak, membuat kamera menggunakan kaleng dan kardus bekas? Lalu filmnya menggunakan kertas folio, belum lagi celah yang tersedia hanya sebesar lubang jarum. Ternyata, sebenarnya teknologi kamera yang disebut lubang jarum ini adalah dasar dari fotografi, lho. Mengetahui hal ini, seorang fotografer profesional bernama Ray Bahtiar Drajat kemudian membentuk komunitas para pecinta kamera unik ini pada tanggal 17 Agustus 2002.

Bentuk kamera ini memang beraneka ragam karena setiap fotografernya harus membuat sendiri kamera mereka dengan menggunakan bahan-bahan dari barang bekas. Karena bikin kamera ini cukup susah, nggak semua orang bisa melakukannya. Di daerah Malang, ada seorang pengrajin yang mengkhususkan diri membuat kamera ini. Sedangkan di Jakarta, ada juga pembuat kamera lubang jarum dari bekas selongsong film. Sekarang komunitas ini sudah tersebar sampai ke 10 kota di Indonesia. Kalau kita ingin tahu lebih banyak, coba deh buka website http://raybachtiar.com/komunitaslubangjarum. Dari web ini kita bisa meng-update semua kegiatan yang mereka lakukan. Seru juga kan kalau kita bisa ikut serta dalam kegiatan mereka.

Bikin Barang
Toko kecil yang cantik ini didirikan oleh tiga orang sahabat bernama Tika, Shali, dan Ika. Di dalam toko ini kita bisa menemukan berbagai macam pernak-pernik cantik yang bisa kita gunakan untuk membuat aksesoris kita sendiri. Banyak dari pernak-pernik ini sudah pernah digunakan sebelumnya. Ada juga barang-barang yang dibikin dari benda yang sudah nggak dipakai lagi, seperti lampu gantung yang dibuat dari puluhan sendok dan garpu.

Kita bisa mengintip toko ini di http://bikinbarang.blogspot.com atau mengunjungi langsung tokonya di Jl, Benda Raya No. 89, Kemang, Jakarta. Percaya deh, begitu mengunjungi toko ini kita akan terinspirasi untuk menggunakan barang-barang bekas di rumah kita jadi karya seni yang cantik untuk memperindah kamar


TAGS 3R recycle kreatifitas bekas jadi baru


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post